Kamis, 08 Oktober 2015

Poirot Melacak | Review

Poirot Investigates
Agatha Christie, Suwarni A.S (Penerjemah)
ISBN 9796050234 (ISBN13: 9789792232479)
Paperback, 287 hal.
Gramedia Pustaka Utama, Januari 2014 (Cetakan Keenam)


Buku ini berisi sebelas cerita singkat tentang kasus Hercule Poirot dan Kapten Hastings. Mulai dari beberapa kasus-kasus pembunuhan 'biasa', penipuan, perampokan, hingga yang heboh seperti penculikan Perdana Menteri Inggris di tengah suasana panas perang dunia.

Meski Agatha Christie adalah salah satu penulis favorit saya, tapi sejujurnya, Hercule Poirot bukanlah detektif yang ada di hati (mon défaut, monsieur). Saya lebih suka Miss Marple yang menyelesaikan kasus bukan hanya dengan cara istimewa, tapi juga dengan sudut pandang yang tidak pernah bisa saya duga.

Dari berbagai adaptasi buruk Sherlock (dan film-film petualangan detektif lainnya), saya sudah dibuat bosan dengan tipikalitas bumbling idiot sidekick--dan gambaran Kapten Hastings di cerita ini hanyalah salah satu dari sekian banyak contoh. Belum lagi sterotip-stereotip rasisme yang muncul di beberapa cerita, benar-benar menggelikan.

Walaupun, sebenarnya, saya bisa menganggap lumrah hal ini. Mengingat waktu dan tempat ketika buku ini ditulis, juga keadaan lingkungan dari sang penulis itu sendiri. 

Buat yang penasaran seperti apa Hercule Poirot, tapi tidak terlalu ingin menghabiskan waktu membaca puluhan buku yang ada di serial, buku ringan ini lumayan bisa membantu.

Membantu untuk mengenal, tapi bukan untuk menyukai.
Penilaian berikutnya, ya tergantung karakter dan situasi masing-masing..
Hercule Poirot by CeskaSoda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar